Minggu, 26 Oktober 2014

Sejarah Perkembangan Komputer



Dasar Komputer dan Pemrograman

1.    Pengenalan Komputer

Ø  Definisi Komputer
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang pekerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau dengan alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan pada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hamper eklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi computer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.

Ø  Sejarah Komputer
Komputer barasal dari kata to compute yang berarti menghitung. Jika kita mempelajari sejarah perkembangan computer, maka kita tidak bias lepas dari sejarah perkembangan alat hitung. Hal ini karena pada prinsipnya computer itu sama dengan alat hitung. Sejarah perkembangan computer berawal dari dikenalnya suatu alat hitung sederhana yang desebut dengan sempoa. Selanjutnya pada tahun 1917 John Napier menemukan cara menghitung dengan bael bujur sangkar yang terdiri dari 9x9 kolom yang masing-masing berisikan angka 1 sampai 9 yang dikenal dengan tulang-tulang Napier. Ditahun 1621 ditemukan slide rule yang merupakan arah maju pada lalat hitung yang bersifat mekanis.
Blaise Pascal, seorang ahli metematika menemukan kalkulator roda numeric untuk membantu ayahnya penghitungan pajak. Kotak persegi kuningan ini yang dinamakan pascaline. Pascaline menggunakan delapan roda putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga delapan digit. Alat ini merupakan alat penghitung bilangan berbasis sepuluh. Pada tahun 1694, seorang matimatikawan dan filsuf Jerman, Gottfred Wilhem von Leibniz memperbaiki pascaline dengan membuat mesin yang dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian. Alat ini dikenal dengan nama Leibnitz Calculation Machine.
Awal mula computer yang sebenarnya dibentuk oleh seorang professor matematika Inggris, Charles Babbage. Charles Babbage membuat mesin diferensial yang digunakan untuk melakukan perhitungan persamaan diferensial. Dengan menggunakan tenaga uap, mesin itu dapat menyimpan program dan dapat melakukan kalkulasi dan dapat langsung mencetak hasilnya secara otomatis. Setelah bekerja dengan menggunakan mesin diferensial selama sepuluh tahun, Babbage membuat computer general purpose yang pertama, yang disebut  analytical engine. Analytical Engine merupakan alat komputasi pertama yang menggunakan kartu yang dilubangi untuk menyimpan data.
Herman Hollerith pada tahun 1890 dari biro sensus Amerika berhasil menciptakan mesin punched card counting yang menggunakan punch card sebagai media datanya. Penemuan punch card ini merupakan penemuan yang gemilang dalam sejarah computer, sehingga Herman Hollerith dijuluki sebagai bapak computer modern. Pada tahun 1944 Howard Aiken dari Harvard University yang bekerja sama dengan International Business Machine (IBM), berhasil membuat sebuah mesin computer yang mampu melaksanakan serentetan operasi aritmatika secara otomatis. Mesin ini dinamakan Mark 1.

Ø  Komputer Generasi Pertama
Komputer generasi pertama dikembangkan pada saat Perang Dunia Kedua. Komputer generasi ini memiliki ciri bahwa operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap computer memiliki program kode biner yang berbeda yang disebut bahasa mesin. Hal ini menyebabkan computer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya. Komputer generasi ini memerlukan banyak sumber daya. Contohnya adalah electronic numerical integrator and Computer (ENIAC) yang membutuhkan daya 160 kW. Ciri lain dari computer generasi pertama adalah penggunaan tube vacuum yang membuat computer pada masa tersebut berukuran sangat besar. Selain itu computer pada masa itu pun memiliki silinder magnetic yang digunakan untuk menyimpan data.
Yang termasuk computer generasi pertama adalah, Mark 1, Mark 2, Mark 3, IBM 702, IBM 704, IBM 709, Eniac, Edvac, UNIVAC 1, UNIVAC 2, Datamatic 1000, CRC, NRC 102A, NRC 102D, Bicmac, Bizmac 2.

Ø  Komputer Generasi Kedua
Pada computer generasi kedua, tube vakum telah digantikan oleh transistor. Akibatnya, ukuran computer berkurang drastic. Pada computer generasi kedua telah terjadi pula pengembangan memori anti magnetik yang membantu pengembangan computer menjadi lebih kecil, lebi cepat, lebih dapat diandalkan, dan dapat menghemat energy dibanding pendahulunya. Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singkatan untuk menggunakan kode biner.
Computer generasi kedua telah memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan computer pada saat ini, seperti: printer, penyimpanan data dalam disket, memori, system operasi, dan program. Pada masa ini juga mulai bermunculan beberapa bahasa program. Bahasa program ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang mudah dipahami manusia. Bahasa pemrograman yang bisa digunakan adalah Common Business-Oriented Language (COBOL), dan Formula Translator (FORTRAN). Seiring dengan itu, berbagai macam karir baru seperti: programmer, analysis, dan ahli system computer bermunculan.
Yang termasuk computer generasi kedua adalah LARC, IBM 1401, UNIVAC 3, UNIVAC SS80, UNIVAC SS90, UNIVAC 1107, Burrouhgs 200, IBM 7070, IBM 7080, IBM 1400, IBM 1600, CDC 160A, GE 635, GE 200.
Ø  Komputer Generasi Ketiga
Komponen transistor yang digunakan pada generasi kedua digantikan dengan integrated circuit. Hal ini karena transistor menghasilkan panas yang cukup besar yang dapat merusak bagian-bagian internal computer. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silicon kecil yang terbuat pasir kuarsa. Ilmuwan berhasi menemukan lebih banyak komponen kedalam suatu chip tunggal yang disebut semi konduktor. Akibatnya computer menjadi semakin kecil.
Kemajuan computer pada generasi ketiga lainnya adalah penggunaan system operasi (operating system). Sistem operasi ini memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentakdengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasikan memori computer. Selain itu, computer pada generasi ketiga juga memiliki cirri harga yang lebih murah dan penggunaan listrik yang lebih hemat.
Yang termasuk computer generasi ketiga adalah UNIVAC 1109, UNIVAC 9000, Burroughs 5700, Burroughs 6700, Burroughs 7700, GE 235, GE 600, CDC 3000, CDC 6000, CDC 7000, PDP-8 ,PDP-11.

Ø  Komputer Generasi Keempat
Pada computer generasi ini, tujuan pengembangan computer adalah mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik. Komputer sudah menggunakan Large Scale Integration (LSI). LSI dapat membuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Kemempuan untuk memasang banyak komponen kedalam chip telah mendorong menurunnya harga computer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisien, dan keterandalan computer. Ciri lain yang dimiliki computer generasi ini adalah dikembangkannya computer mikro yang menggunakan micro processor dan semiconductor yang berbentuk chip untuk memori computer.
Pada masa ini juga IBM mulai memperkenalkan Personal Komputer (PC) untuk penggunaan dirumah, kantor, dan sekolah. Computer pun melanjutkan evolusinyamenuju ukuran yang lebih kecil, dari computer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi computer yang dapat dimasukan kedalam tas (laptop), atau bahkan computer yang dapat digenggam (palmtop). Selain IBM perusahaan Apple-Macintosh mempopulerkan system grafis pada komputernya. Macintosh pun memperkenalkan penggunaan piranti mouse.
Yang termasuk computer generasi keempat adalah IBM 370, Apple 2, IBM PC/XT, IBM PC/AT, IBM PS/2, IBM PC/386, IBM PC/486, Pentium, Pentium 1, Pentium 2, Pentium 3, Pentium 4, AMD K6, Anthlon.

Ø  Komputer Generasi Kelima
Komputer generasi ini masih dalam pengembangan. Komponen yang digunakan adalah VLSI (Very Large Scale Integration). Komputer pada generasi ini akan dikembangkan kepada computer yang dapat menterjemahkan bahasa manusia, dan dapat melakukan diagnosa penyakit lebih akurat. Selain itu computer ini juga diramalkan dapat berpikir dan mempunyai perasaan seperti manusia.

2.    Jenis-Jenis Komputer
Ø  Berdasarkan Data Yang Diolah
·       Komputer Analog, computer ini merupakan komputer yang digunakan untuk menerima sinyal analog, biasanya digunakan untuk melakukan pengecekan data yang tidak berbentuk angka, karena data yang didapatkan adalah data yang bersifat gelombang. Komputer ini biasanya digunakan untuk mempresentasikan suatu keadaan. Sebagai contoh, computer ini digunakan untuk pengecekan suhu, menghitung aliran BBM pada SPBU, mengukur kekuatan cahaya. Komputer ini banyak digunakan untuk kegiatan ilmiah.
·       Komputer Digital, merupakan komputer yang menerima datanya berupa data digital. Komputer ini banyak digunakan untuk mengolah data yang bersifat kuantitatif dalam bentuk angka, huruf, tanda baca.
·       Komputer Hybrid, merupakan computer yang memiliki kemampuan komputer analog dan computer digital. Komputer ini digunakan untuk mengolah data yang bersifat kuantitatif dan kualitatif.

Ø  Berdasarkan Ukuran
·       Micro Computer, adalah computer yang terhubung antara CPU dengan memory utama (main memory) dan antarmuka antara input dengan output yang dilakukan dengan menggunakan system interkoneksi bus.
·       Mini Computer, adalah computer yang berada di kelas multi user yang dalam spectrum komputasi berada di posisi menengah dibawah computer kelas main frame dan system computer single user seperti computer pribadi.
·       Small Computer, adalah computer yang memiliki kemampuan proses dalam jumlah kecil. Komputer ini termasuk kedalam kategori computer pribadi.
·       Medium Computer, adalah computer skala menengah yang melayani penggunanya pada dumb terminal.
·       Large Computer, adalah computer skala besar yang termasuk kedalam kategori computer mainframe. Pada computer tersebut terdapat sebuah mesin, mesin tersebut dapat diakses secara beramai-ramai dan sudah dilengkapi dengan prangkat dan software yang lengkap.
·       Super Computer, adalah computer yang memiliki aplikasi yang digunakan untuk kegiatan penelitian ilmiah. Komputer ini merupakan computer yang bertenaga dan memiliki beberapa prosesor sekaligus untuk menjalankan tugasnya.

Ø  Berdasarkan Fungsi
·       Special Purpose Computer, adalah jenis computer yang dirancang dan digunakan untuk tujuan-tujuan pemakaian pada masalah khusus dan biasanya hanya berupa satu masalah saja. Jenis computer ini dapat berupa computer analog dan berupa computer digital. Komputer ini banyak digunakan untuk pengendalian otomatis pada proses industry.
·       General Purpose Computer, adalah jenis computer yang dirancang dan digunakan untuk menyelesaikan berbagai masalah. Komputer ini dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah berbagai macam program dan permasalahan yang berbeda seperti pengolahan kata, grafis, permainan. Yang termasuk jenis computer ini adalah PC yang biasanya berada dirumah, sekolah, maupun kantor.

3.  Sistem Komputer
Komputer merupakan suatu rangkaian peralatan elektronik yang bekerja bersama-sama. Komputer dapat melakukan rangkaian pekerjaan secara otomatis melalui instruksi (program) yang diberikan, dan alat pengolah data menjadi informasi melalui proses tertentu. Hubungan ketiga komponen yang terdiri dari brainware  (user), perangkat keras (hardware), dan perangkat lunak (software) merupakan satu system yang tidak dapat dipisahkan untuk mencapai fungsi computer sebagai produk teknologi canggih. Hardware sebagai komponen-komponen fisik dari system computer bekerja secara bersama-sama dengan unsure lainnya. Ketiga komponen tersebut akan melakukan input data, processing dan output yang berupa produk informasi.

Ø  Perangkat Keras (Hardware)
Hardware computer dapat diartikan sebagai peralatan fisik dari computer itu sendiri. Peralatan fisik itu dapat dilihat, dipegang, ataupun dapat dipindahkan. Hardware computer ini secara umum terdiri dari minimal empat komponen penting, yaitu :
·       Alat input (input device), seperti keyboard dan mouse.
·       Alat proses, yang terdiri dari CPU (Central Pocessing Unit).
·       Storage unit (storage device) atau media penyimpanan.
·       Alat output (output device), seperti monitor dan printer.

A.    Alat Input (Input Device)
Input (masukan) data dimaksudkan untuk mengubah suatu data dari sumber document ke dalam suatu bentuk yang dapat diterima didalam computer. Fungsi input device antara lain memasukan data dan program yang akan diproses kedalam computer, menterjemahkan kode-kode yang dikenal oleh media input kedalam kode-kode yang dikenal computer (yaitu kode bit), kemudian mengirimkan data yang berbentuk bit kedalam storage atau media penyimpanan. Contoh alat input :




ü  Keyboard
Yaitu suatu peralatan masukan yang menyerupai mesin ketik atau merupakan alat untuk memasukan data atau memberi perintah pada keyboard.
ü  Mouse
Yaitu alat yang digunakan untuk menempatkan cursor dengan cepat pada teks atau naskah. Selain itu, mouse juga digunakan juga untuk memilih icon-icon (menu) dalam menjalankan perintah-perintah.

B.    Alat Proses (Process Divice)
Process merupakan instruksi atau perintah yang dikerjakan oleh computer untuk menjalankan oprasi data serta operasi aritmatik dan logika yang dilakukan pada data. Pemrosesan data dikerjakan oleh CPU hasil dan pemrosesan disimpan di media penyimpanan data. Contoh alat proses :CPU
ü  CPU (Central Processing Unit)
Sebagai analogi terhadap proses ini, CPU dapat di ibaratkan sebagai otak pada tubuh manusia. CPU berfungsi untuk mengolah data setelah mendapat perintah dari user yang dibantu oleh keyboard dan mouse. Selama proses data, data tersebut diubah bentuk, urutan, dan strukturnya sedemikian rupa sehingga didapatkan hasil yang diinginkan. Peralatan input berupa peralatan masukan yang dipergunakan untuk memasukan data yang diproses dengan computer. Peralatan process yang dimaksud yaitu CPU dan memori. Komponen-komponen CPU antara lain :
·       Arithmatic Logical Unit (ALU)
ALU berfungsi untuk melaksanakan proses perhitungan aritmatik dan logika
·       Storage
Komponen ini berfungsi untuk menyimpan program dan data meliputi internal storage dan external storage. Internal storage merupakan storage yang langsung berhubungan dengan Central Processing Unit (CPU). External storage adalah storage yang dapat menyimpan data secara permanen.
·       Control Unit
Berfungsi untuk mengatur proses kerja computer.
ü  Fungsi CPU (Central Processing Unit)
CPU dapat dikatakan jantung sekaligus dapat dikatakan sebagai otak computer. Selain itu CPU merupakan pusat kendali dari system computer. CPU memiliki fungsi antara lain :
·       Memberi address data dan program
·       Memasukan dan mengambil data
·       Melaksanakan instruksi-instruksi secara berurutan
·       Dapat merupakan penghubung antara main storage dan input devices

C.    Media Penyimpanan Data (Storage Device)
Tempat untuk menyimpan sejumlah data hasil dari input disebut dengan media simpan elektronik atau yang disebut dalam bahasa computer disebut drive. Drive ini berfungsi untuk memberi alamat pada drive tersebut. Alamat drive terdiri dari satu karakter yang selalu diikuti tanda “ : “ .
Contoh :
·       Alamat drive A berfungsi untuk menyimpan data pada disket
·       Alamat drive C berfungsi untuk menyimpan data pada hard disk
·       Alamat drive D berfungsi sama dengan hard disk
·       Alamat drive E berfungsi untuk CD ROM
·       Alamat drive F berfungsi untuk external hardware seperti flash disk USB
ü  Macam Media Penyimpanan
·       Internal Storage (Media Penyimpan Utama)
Media penyimpanan utama merupakan jenis media penyimpanan yang dapat menyimpanan informasi yang kemudian dapat dipanggil lagi (diakses). Contohnya adalah ROM dan RAM.
·       External Storage (Media Penyimpanan Cadangan)
Contoh exsternal storage adalah CD-ROM yang digunakan untuk menyimpan file-file soure program. Media ini banyak juga digunakan untuk menyimpan data music dan film. Alat ini menyimpan dan menulis media simpan data CD-ROM disebut CD-Drive. Kapasitas simpanannya sebesar 640mb. Alamat drivernya di D dan E. Hard disk merupakan alat untuk menyimpan file program system dan file data dengan kapasitas simpanannya mulai dari ratusan mb hingga puluhan gb. Dewasa ini dikenal pula flash disk sebagai media penyimpanan yang lebih unggul, karena dapat memuat data min 128 mb.
ü  Macam-Macam Penyimpanan Data
·       Media Penyimpanan Data Utama (Internal Storage)
Media penyimpanan utama termasuk kedalam jenis media penyimpanan elektronik dengan cirri-ciri berikut :
Ø  Secara keseluruhan operasinya bersifat elektronis, sehingga operasinya sangat cepat dan handal
Ø  Karena operasinya yang elektronis, data hamper bias diakses sekaligus dari memori utama. Dalam waktu kurang lebih seperjuta detik suatu item data dapat dipanggil kembali.
Ø  Kecepatan akses yang tinggi sehingga membantu cepatnya pemrosesan.
·       Media Penyimpanan Data Cadangan (External Storage)
Yang termasuk jenis media penyimpanan data cadangan sebagai berikut :
Ø  Magnetic Disk
Ø  Optic Disk
Ø  Flash Disk

D.    Alat Output (Output Device)
Output merupakan peralatan keluar hasil dari proses data. Hasil tersebut dapat dibaca pada layar computer ataupun melalui kertas printer. Tampilan output dapat berupa naskah, laporan, table, grafi, gambar, ataupun foto.
ü  Monitor
Monitor atau VDU (Video Display Unit) merupakan peralatan keluaran yang mengeluarkan informasi pada layar sebagai medianya. Bentuk VDU dapat menyerupai tampilan layar televise. Monitor merupakan media yang dapat dikatakan sebagai peranti media keluarkan dan masukan seperti televise dan output. Monitor dapat mengeluarkan informasi berupa gambar. Hal itu tergantung pada jenis alat atau program yang dimiliki. Alat ini dapat digunakan juga sebagai alat telerpossing.
Jenis monitor dapat dikenal antara lain monitor monochrome (warna monitor hanya satu warna bias hijau, orange, atau putih), monitor CGA (Colour Graphics Adapter) yang memiliki empat sampai enam belas warna, monitor EGA (Enhanched Graphics Adapter) yang memiliki enam belas sampai enam puluh empat warna, monitor VGA (Video Graphics Array) yang memiliki dua ratus lima puluh enam warna atau lebih.


ü  Printer

Printer adalah alat keluaran yang menghasilkan data berupa hasil cetakan pada kertas sebagai medianya. Alat ini dapat mencetak hasil pengolahan maupun program pada output, yaitu pada kertas baik single sheet (kertas tunggal) maupun continuous form (kertas bersambung). Printer dapat menghasilkan cetakan pada berbagai macam model maupun kualitas.
Berdasarkan cara kerjanya media printer dapat dikelompokan menjadi dua, yaitu impact printer dan non impact printer. Impact printer meripakan jenis printer yang dalam menghasikan suatu huruf atau gambar memakai ketukan secara fisik. Dalam katagori ini ada dua jenis yaitu dot matrix (cetakannya berupa titik yang membentuk karakter) dan daisy wheel (cetakan hurufnya menyerupai mesin ketik). Non impact printer merupakan jenis printer yang menghasilkan huruf atau gambar tidak menggunakan ketukan secara fisik, tetapi neggunakan tinta atau toner. Hasil cetakannya lebih halus dari pada jenis dot matrix atau daisy wheel. Ada dua jenis non impact printer yaitu ink jet printer (memakai tinta) dan laser printer (memakai toner).
Printer dot matrix printer ini terbuat dari potongan baja yang akan mengenai kertas lewat pita bertinta untuk menciptakan pola bertitik-titik kecil atau persegi yang bersambung untuk mencetak grafis atau tesk. Hasil cetakannya tergantung pada jumlah potongan baja yang didalam mesin. Kualitas cetakkan akan lebih baik bila mesin menghasilkan tigaratus lima puluh titik tiap inchi.
Printer daisy wheel printer ini memiliki huruf dan angka yang dapat dinaikan dan tersusun pada roda sehingga menyerupai bunga aster. Roda berputar sampai huruf siap ditekankan pada pita bertinta.
Printer ink jet printer ini mencetak gambar atau karakter dengan moncong kecil yang dapat memancarkan tinta pada kertas.
Printer Laser, printer laser menggunakan sinar laser untuk mengubah data biner menjadi cetakan.

Ø Perangkat Lunak (Software)
Software merupakan beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin computer dalam menjalankan pekerjaannya. Software ini merupakan catatan bagi mesin computer untuk menyimpan perintah, maupun dokumen serta arsip lainnya. Dalam arti yang paling luas, software computer bisa diartikan sebagai suatu prosedur pengoprasian. Suatu acara yang ditayangkan oleh televisi, dapat dianggap software dari suatu peralatan televisi. Demikian pula halnya dengan music yang telah direkam diatas kaset maupun compact disk (CD), data di atas kertas, serta cerita ataupun uraian yang ada di dalam sebuah buku. Software adalah komponen dalam data processing system yang berupa program-program dan teknik-teknik lain untuk mengontrol system.

·       Fungsi Software
Software memiliki banyak fungsi bagi mesin komputer dan pengguna computer. Fungsi-fungsi software antara lain :
ü  Mengidentifikasi program
ü  Menyiapkan aplikasi program agar tata kerja seluruh peralatan computer terkontrol
ü  Mengatur dan membuat pekerjaan lebih efesien

·       Jenis-Jenis Software
Pada umumnya software yang sering kita pakai dalam keseharian terbagi menjadi dua jenis software, yaitu software system operasi (operating system) dan software aplikasi (applications). Operating System merupakan software yang digunakan untuk mengoprasikan computer, sedangkan Applications merupakan software atau program yang digunakan untuk mengoprasikan sebuah lingkungan operating system untuk keperluan-keperluan tertentu, seperti pemrograman, office work, gaming.
Berdasarkan pembagian secara umum tersebut, secara khusus software sebenarnya terbagi menjadi lima jenis, yaitu :
ü  Sistem operasi
ü  Alat bantu
ü  User program
ü  Package programs

·       Sistem Operasi (Operating System)
Sistem operasi merupakan bagian software yang sangat penting. Sistem yang merupakan kumpulan program ini mengatur dan mengontrol seluruh kegiatan processing dalam system computer. Pada prinsipnya operating system merupakan kumpulan dari program routine dan prosedur yang dibuat untuk memperkecil peranan pengguna computer dalam system computer dan untuk memperbesar efisiensi system tersebut. Sistem operasi dapat pula didefinisikan sebagai perangkat lunak yang bertindak sebagai perantara antara user dengan hardware.

·       Fungsi Sistem Operasi (Operating System)
Secara umum fungsi system operasi antara lain sebagai berikut :
ü  Sebagai manajement proses yang mencangkup penyimpanan, penjadwalan, dan pemantauan proses program yang sedang dijalankan.
ü  Sebagai manajemen sumber daya yang berkaitan dengan pengendalian terhadap perangkat lunak system/ perangkat lunak aplikasi yang sedang dijalankan.
ü  Sebagai manajemen data yaitu berupa pengendalian terhadap data masukan dan data keluaran. Selain itu system operasi juga mempunyai sarana mengolah keamanan.


·       Macam Sistem Operasi (Operating System)
Operating System berkembang mengikuti perkembangan teknologi dan kebutuhan manusia. Secara umum Operating System dibuat untuk jenis computer tertentu antara lain sebagai berikut :
ü  Microsoft Windows untuk personal computer (PC)
ü  VMS untuk DEC
ü  OS/2, AIX, OS/390, untuk IBM
ü  MacOS untuk Apple Macintosh
ü  SunOS untuk Sun Computers
ü  PalmOS untuk PDA PalmPilot
ü  Microsoft Windows CE untuk Palmtop UNIX adalah induk Operating System yang mampu diimplementasikan untuk segala macam jenis mesin computer yang ada hingga saat ini.
Berikut ini akan dijelaskan beberapa software Sistem Operasi yang paling umum digunakan dalam pengoprasian computer.
ü  DOS (Disk Operating System)
Merupakan Sistem Operasi yang awalnya dipakai pada IBM PC dan PC yang kompatibel dengan IBM PC.
ü  Windows
Adalah salah satu system operasi andalan Microsoft yang banyak dipakai sat ini, karena mempunyai banyak feature yang mampu memanjakan pemakainya, dengan kata lain semakin tinggi versi dari windows semakin banyak kemudahan yang banyak ditawarkan.
ü  Macintosh/Mac OS
Adalah salah satu jenis PC berbasis PowerPC yang diproduksi Apple computer
ü  Novell Netware
Adalah system operasi jaringan yang paling banyak digunakan di dunia. Netware pertama kali digunakan khusus bagi LAN (Local Area Network).
ü  BeOS
Adalah system operasi untuk PC yang didesain untuk aplikasi multimedia masa depan. BeOS berjalan pada arsitektur PowerPC dan Intel.
ü  OS/2
Adalah system operasi untuk PC yang awalnya dikembangkan oleh Microsoft dan IBM, tetapi kemudian dijual dan dikelola oleh IBM.
ü  Palm OS
Adalah system operasi computer yang menjadi platform dari PDA. PDA (Personal Data Assistants) adalah computer saku yang di desain sebagai personal organizers.
ü  UNIX
Adalah sebuah operating system yang pada awalnya dikembangkan oleh Bell Labs pada tahun 1969 sebagai sebuah system yang berkonsep “interaktif time-sharing”.
ü  LINUX
Adalah sebuah system operasi yang menyerupai UNIX merupakan implementasi independen dari POSIX, meliputi true multitasking, virtual memory, shered libraries, demand-loading, proper memory management, dan multi user.

·       Alat Bantu (Utility)
Alat bantu merupakan perangkat lunak system dengan fungsi tertentu, misalnya pemeriksaan perangkat keras, memeriksa disket yang rusak, seperti Notron Unitily, ataupun mengatur ulang isi harddisk. Sebagai unsure dari system software yang alat bantu berfungsi membantu pengoprasian mesin, antara lain :mempersiapkan pemakaian media disk, membuat duplikat file, membuat atau menghapus proteksi suatu system software, memperbaiki bagian file yang rusak. Contoh: Notron Unitily, Disk Optimizer, Kazza Lite, WinZip.

·       Bahasa Pemrograman
Bahasa pemrograman merupakan software bahasa-bahasa yang dipakai oleh para programmer untuk menuliskan kumpulan-kumpulan instruksi atau program. Software ini berguna untuk membantu para programmer tersebut dalam membuat suatu program. Software bahasa program contohnya adalah sebagai berikut:
ü  Pascal (mengambil nama Blaise Pascal)
ü  ASSEMBLER, merupakan suatu bahasa yang lebih dekat dengan mesin.
ü  COBOL (Coomon Bussiness Oriented Languange), software ini digunakan untuk aplikasi Komersial.
ü  FORTRAN (Folmula Translator), digunakan untuk aplikasi ilmiah.
ü  R.P.G. (Report Program Generator), digunakan untuk aplikasi komersil.
ü  C/C++
ü  Java

·       Routines (User Program)
Routenes merupakan software yang dibuat dari program dalam bahasa program untuk menyiapkan system aplikasi yang siap pakai dalam aplikasi tertentu dan dapat dipakai berulang-ulang. Sistem aplikasi tersebut dapat berupa system PAYROLL.

·       Application Packages
Merupakan program-program yang dibuat oleh suatu perusahaan computer untuk para user yang beroperasi dalam bidang-bidang umum seperti penerbangan, asuransi, komunikasi, took-toko.Contoh software aplikasi ini antara lain sebagai berikut:
ü  Software Aplikasi Grafis
Software ini banyak digunakan oleh para user yang biasanya bergerak di bidang desain terutama untuk menggambar dan mengolah gambar. Contonya antara lain: Freehand, Photo Editor, Image Processing.
ü  Software Pengolah Kata
Software ini paling banyak digunakan oleh para pengguna computer baik disekolah, dikantor, bahkan dirumah. Software ini berfungsi untuk mengetik surat, naskah, brosur, dan dokumen lainnya. Contoh program pengolah kata antara lain: Word Processor (Microsoft Word, Lotus WordPro, Amipro, WordStar).
ü  Software Pengolah Angka
Merupakan software yang paling banyak juga digunakan oleh para user, terutama untuk mengolah data angka yang memmerlukan berbagai macam perhitungan, pembuatan table, grafik, dan sebagainya. Contoh software antara lain sebagai berikut: Spreedsheet (Microsoft Exel, Lotus 123, Lotus Symphony).
ü  Software Penerbitan (Publisher)
Software ini mampu nggabungkan tuliasan dengan gambar dengan berbagai desain menarik. Contoh software publisher antara lain: Microsoft Publisher, Adobe Pagemaker, Ventura Publisher.
ü  Software Pengolah Data
Software ini digunakan untuk mengorganisir dan memproses sekumpulan data. Data-data tersebut diorganisirkan dalam bentuk struktur data seperti field, record, character, dan file. Contoh software ini antara lain: dBAse, Microsoft Acces, FoxPro.
ü  Software Multimedia
Software ini sering dimanfaatkan oleh para user untuk keperluan presentasi yang banyak memanfaatkan animasi, suara, maupun video. Melalui software ini kita dapat mendengarkan music, menonton video, mengedit film. Contoh software ini antara lain: Windows Media Player, iTunes, Real Player.
ü  Software Aplikasi Internet
Adalah protocol yang digunakan untuk berhubungan antara satu orang atau mesin dengan pihak lain yang berjauhan. Aplikasi internet akan menyangkut dua sisi, yaitu server dan client. Contoh aplikasi ini antara lain: HTTP, E-mail, Messenger.

























Daftar Pustaka:

Supriyanto. 2006. Teknologi Informasi dan Komunikasi 1. Bogor: Ghalia Indonesia Printing




Tidak ada komentar:

Posting Komentar