Dasar Komputer dan
Pemrograman
1. Pengenalan Komputer
Ø
Definisi Komputer
Komputer adalah alat
yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata
computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang pekerjaannya
melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau dengan alat bantu, tetapi arti
kata ini kemudian dipindahkan pada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan
informasi hamper eklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi computer
modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
Ø
Sejarah Komputer
Komputer
barasal dari kata to compute yang berarti menghitung. Jika kita mempelajari
sejarah perkembangan computer, maka kita tidak bias lepas dari sejarah
perkembangan alat hitung. Hal ini karena pada prinsipnya computer itu sama
dengan alat hitung. Sejarah perkembangan computer berawal dari dikenalnya suatu
alat hitung sederhana yang desebut dengan sempoa. Selanjutnya pada tahun 1917
John Napier menemukan cara menghitung dengan bael bujur sangkar yang terdiri dari
9x9 kolom yang masing-masing berisikan angka 1 sampai 9 yang dikenal dengan
tulang-tulang Napier. Ditahun 1621 ditemukan slide rule yang merupakan arah
maju pada lalat hitung yang bersifat mekanis.
Blaise Pascal,
seorang ahli metematika menemukan kalkulator roda numeric untuk membantu
ayahnya penghitungan pajak. Kotak persegi kuningan ini yang dinamakan
pascaline. Pascaline menggunakan delapan roda putar bergerigi untuk
menjumlahkan bilangan hingga delapan digit. Alat ini merupakan alat penghitung
bilangan berbasis sepuluh. Pada tahun 1694, seorang matimatikawan dan filsuf
Jerman, Gottfred Wilhem von Leibniz memperbaiki pascaline dengan membuat mesin
yang dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian. Alat ini dikenal dengan
nama Leibnitz Calculation Machine.
Awal mula computer
yang sebenarnya dibentuk oleh seorang professor matematika Inggris, Charles
Babbage. Charles Babbage membuat mesin diferensial yang digunakan untuk
melakukan perhitungan persamaan diferensial. Dengan menggunakan tenaga uap,
mesin itu dapat menyimpan program dan dapat melakukan kalkulasi dan dapat
langsung mencetak hasilnya secara otomatis. Setelah bekerja dengan menggunakan
mesin diferensial selama sepuluh tahun, Babbage membuat computer general
purpose yang pertama, yang disebut
analytical engine. Analytical Engine merupakan alat komputasi pertama
yang menggunakan kartu yang dilubangi untuk menyimpan data.
Herman Hollerith pada
tahun 1890 dari biro sensus Amerika berhasil menciptakan mesin punched card
counting yang menggunakan punch card sebagai media datanya. Penemuan punch card
ini merupakan penemuan yang gemilang dalam sejarah computer, sehingga Herman
Hollerith dijuluki sebagai bapak computer modern. Pada tahun 1944 Howard Aiken
dari Harvard University yang bekerja sama dengan International Business Machine
(IBM), berhasil membuat sebuah mesin computer yang mampu melaksanakan
serentetan operasi aritmatika secara otomatis. Mesin ini dinamakan Mark 1.
Ø
Komputer Generasi
Pertama
Komputer generasi
pertama dikembangkan pada saat Perang Dunia Kedua. Komputer generasi ini
memiliki ciri bahwa operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu.
Setiap computer memiliki program kode biner yang berbeda yang disebut bahasa
mesin. Hal ini menyebabkan computer sulit untuk diprogram dan membatasi
kecepatannya. Komputer generasi ini memerlukan banyak sumber daya. Contohnya
adalah electronic numerical integrator and Computer (ENIAC) yang membutuhkan
daya 160 kW. Ciri lain dari computer generasi pertama adalah penggunaan tube
vacuum yang membuat computer pada masa tersebut berukuran sangat besar. Selain
itu computer pada masa itu pun memiliki silinder magnetic yang digunakan untuk
menyimpan data.
Yang termasuk
computer generasi pertama adalah, Mark 1, Mark 2, Mark 3, IBM 702, IBM 704, IBM
709, Eniac, Edvac, UNIVAC 1, UNIVAC 2, Datamatic 1000, CRC, NRC 102A, NRC 102D,
Bicmac, Bizmac 2.
Ø
Komputer Generasi
Kedua
Pada computer
generasi kedua, tube vakum telah digantikan oleh transistor. Akibatnya, ukuran
computer berkurang drastic. Pada computer generasi kedua telah terjadi pula
pengembangan memori anti magnetik yang membantu pengembangan computer menjadi
lebih kecil, lebi cepat, lebih dapat diandalkan, dan dapat menghemat energy
dibanding pendahulunya. Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin
dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan
singkatan-singkatan untuk menggunakan kode biner.
Computer generasi
kedua telah memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan computer
pada saat ini, seperti: printer, penyimpanan data dalam disket, memori, system
operasi, dan program. Pada masa ini juga mulai bermunculan beberapa bahasa
program. Bahasa program ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata,
kalimat, dan formula matematika yang mudah dipahami manusia. Bahasa pemrograman
yang bisa digunakan adalah Common Business-Oriented Language (COBOL), dan
Formula Translator (FORTRAN). Seiring dengan itu, berbagai macam karir baru
seperti: programmer, analysis, dan ahli system computer bermunculan.
Yang termasuk
computer generasi kedua adalah LARC, IBM 1401, UNIVAC 3, UNIVAC SS80, UNIVAC
SS90, UNIVAC 1107, Burrouhgs 200, IBM 7070, IBM 7080, IBM 1400, IBM 1600, CDC
160A, GE 635, GE 200.
Ø
Komputer Generasi
Ketiga
Komponen transistor
yang digunakan pada generasi kedua digantikan dengan integrated circuit. Hal
ini karena transistor menghasilkan panas yang cukup besar yang dapat merusak
bagian-bagian internal computer. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik
dalam sebuah piringan silicon kecil yang terbuat pasir kuarsa. Ilmuwan berhasi
menemukan lebih banyak komponen kedalam suatu chip tunggal yang disebut semi
konduktor. Akibatnya computer menjadi semakin kecil.
Kemajuan computer
pada generasi ketiga lainnya adalah penggunaan system operasi (operating
system). Sistem operasi ini memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai
program yang berbeda secara serentakdengan sebuah program utama yang memonitor
dan mengkoordinasikan memori computer. Selain itu, computer pada generasi
ketiga juga memiliki cirri harga yang lebih murah dan penggunaan listrik yang
lebih hemat.
Yang termasuk
computer generasi ketiga adalah UNIVAC 1109, UNIVAC 9000, Burroughs 5700,
Burroughs 6700, Burroughs 7700, GE 235, GE 600, CDC 3000, CDC 6000, CDC 7000,
PDP-8 ,PDP-11.
Ø
Komputer Generasi
Keempat
Pada computer
generasi ini, tujuan pengembangan computer adalah mengecilkan ukuran sirkuit
dan komponen-komponen elektrik. Komputer sudah menggunakan Large Scale
Integration (LSI). LSI dapat membuat ratusan komponen dalam sebuah chip.
Kemempuan untuk memasang banyak komponen kedalam chip telah mendorong
menurunnya harga computer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisien,
dan keterandalan computer. Ciri lain yang dimiliki computer generasi ini adalah
dikembangkannya computer mikro yang menggunakan micro processor dan
semiconductor yang berbentuk chip untuk memori computer.
Pada masa ini juga
IBM mulai memperkenalkan Personal Komputer (PC) untuk penggunaan dirumah,
kantor, dan sekolah. Computer pun melanjutkan evolusinyamenuju ukuran yang
lebih kecil, dari computer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi
computer yang dapat dimasukan kedalam tas (laptop), atau bahkan computer yang
dapat digenggam (palmtop). Selain IBM perusahaan Apple-Macintosh mempopulerkan
system grafis pada komputernya. Macintosh pun memperkenalkan penggunaan piranti
mouse.
Yang termasuk
computer generasi keempat adalah IBM 370, Apple 2, IBM PC/XT, IBM PC/AT, IBM
PS/2, IBM PC/386, IBM PC/486, Pentium, Pentium 1, Pentium 2, Pentium 3, Pentium
4, AMD K6, Anthlon.
Ø
Komputer Generasi
Kelima
Komputer generasi ini
masih dalam pengembangan. Komponen yang digunakan adalah VLSI (Very Large Scale
Integration). Komputer pada generasi ini akan dikembangkan kepada computer yang
dapat menterjemahkan bahasa manusia, dan dapat melakukan diagnosa penyakit
lebih akurat. Selain itu computer ini juga diramalkan dapat berpikir dan
mempunyai perasaan seperti manusia.
2. Jenis-Jenis Komputer
Ø
Berdasarkan Data Yang
Diolah
·
Komputer
Analog, computer ini merupakan komputer yang digunakan untuk menerima sinyal
analog, biasanya digunakan untuk melakukan pengecekan data yang tidak berbentuk
angka, karena data yang didapatkan adalah data yang bersifat gelombang.
Komputer ini biasanya digunakan untuk mempresentasikan suatu keadaan. Sebagai
contoh, computer ini digunakan untuk pengecekan suhu, menghitung aliran BBM
pada SPBU, mengukur kekuatan cahaya. Komputer ini banyak digunakan untuk
kegiatan ilmiah.
·
Komputer
Digital, merupakan komputer yang menerima datanya berupa data digital. Komputer
ini banyak digunakan untuk mengolah data yang bersifat kuantitatif dalam bentuk
angka, huruf, tanda baca.
·
Komputer
Hybrid, merupakan computer yang memiliki kemampuan komputer analog dan computer
digital. Komputer ini digunakan untuk mengolah data yang bersifat kuantitatif
dan kualitatif.
Ø
Berdasarkan Ukuran
·
Micro
Computer, adalah computer yang terhubung antara CPU dengan memory utama (main
memory) dan antarmuka antara input dengan output yang dilakukan dengan
menggunakan system interkoneksi bus.
·
Mini
Computer, adalah computer yang berada di kelas multi user yang dalam spectrum
komputasi berada di posisi menengah dibawah computer kelas main frame dan
system computer single user seperti computer pribadi.
·
Small
Computer, adalah computer yang memiliki kemampuan proses dalam jumlah kecil.
Komputer ini termasuk kedalam kategori computer pribadi.
·
Medium
Computer, adalah computer skala menengah yang melayani penggunanya pada dumb
terminal.
·
Large
Computer, adalah computer skala besar yang termasuk kedalam kategori computer
mainframe. Pada computer tersebut terdapat sebuah mesin, mesin tersebut dapat
diakses secara beramai-ramai dan sudah dilengkapi dengan prangkat dan software
yang lengkap.
·
Super
Computer, adalah computer yang memiliki aplikasi yang digunakan untuk kegiatan
penelitian ilmiah. Komputer ini merupakan computer yang bertenaga dan memiliki
beberapa prosesor sekaligus untuk menjalankan tugasnya.
Ø
Berdasarkan Fungsi
·
Special
Purpose Computer, adalah jenis computer yang dirancang dan digunakan untuk
tujuan-tujuan pemakaian pada masalah khusus dan biasanya hanya berupa satu
masalah saja. Jenis computer ini dapat berupa computer analog dan berupa
computer digital. Komputer ini banyak digunakan untuk pengendalian otomatis
pada proses industry.
·
General
Purpose Computer, adalah jenis computer yang dirancang dan digunakan untuk
menyelesaikan berbagai masalah. Komputer ini dapat digunakan untuk
menyelesaikan masalah berbagai macam program dan permasalahan yang berbeda seperti
pengolahan kata, grafis, permainan. Yang termasuk jenis computer ini adalah PC
yang biasanya berada dirumah, sekolah, maupun kantor.
3. Sistem Komputer
Komputer merupakan
suatu rangkaian peralatan elektronik yang bekerja bersama-sama. Komputer dapat
melakukan rangkaian pekerjaan secara otomatis melalui instruksi (program) yang
diberikan, dan alat pengolah data menjadi informasi melalui proses tertentu.
Hubungan ketiga komponen yang terdiri dari brainware (user), perangkat keras (hardware), dan perangkat
lunak (software) merupakan satu system yang tidak dapat dipisahkan untuk
mencapai fungsi computer sebagai produk teknologi canggih. Hardware sebagai
komponen-komponen fisik dari system computer bekerja secara bersama-sama dengan
unsure lainnya. Ketiga komponen tersebut akan melakukan input data, processing
dan output yang berupa produk informasi.
Ø
Perangkat Keras
(Hardware)
Hardware computer
dapat diartikan sebagai peralatan fisik dari computer itu sendiri. Peralatan
fisik itu dapat dilihat, dipegang, ataupun dapat dipindahkan. Hardware computer
ini secara umum terdiri dari minimal empat komponen penting, yaitu :
·
Alat
input (input device), seperti keyboard dan mouse.
·
Alat
proses, yang terdiri dari CPU (Central Pocessing Unit).
·
Storage
unit (storage device) atau media penyimpanan.
·
Alat
output (output device), seperti monitor dan printer.
A. Alat Input (Input Device)
Input (masukan) data
dimaksudkan untuk mengubah suatu data dari sumber document ke dalam suatu
bentuk yang dapat diterima didalam computer. Fungsi input device antara lain
memasukan data dan program yang akan diproses kedalam computer, menterjemahkan
kode-kode yang dikenal oleh media input kedalam kode-kode yang dikenal computer
(yaitu kode bit), kemudian mengirimkan data yang berbentuk bit kedalam storage
atau media penyimpanan. Contoh alat input :
ü
Keyboard
Yaitu suatu peralatan
masukan yang menyerupai mesin ketik atau merupakan alat untuk memasukan data
atau memberi perintah pada keyboard.
ü
Mouse
Yaitu alat yang
digunakan untuk menempatkan cursor dengan cepat pada teks atau naskah. Selain
itu, mouse juga digunakan juga untuk memilih icon-icon (menu) dalam menjalankan
perintah-perintah.
B. Alat Proses (Process Divice)
Process merupakan
instruksi atau perintah yang dikerjakan oleh computer untuk menjalankan oprasi
data serta operasi aritmatik dan logika yang dilakukan pada data. Pemrosesan
data dikerjakan oleh CPU hasil dan pemrosesan disimpan di media penyimpanan
data. Contoh alat proses :CPU
ü
CPU
(Central Processing Unit)
Sebagai analogi
terhadap proses ini, CPU dapat di ibaratkan sebagai otak pada tubuh manusia.
CPU berfungsi untuk mengolah data setelah mendapat perintah dari user yang
dibantu oleh keyboard dan mouse. Selama proses data, data tersebut diubah
bentuk, urutan, dan strukturnya sedemikian rupa sehingga didapatkan hasil yang
diinginkan. Peralatan input berupa peralatan masukan yang dipergunakan untuk
memasukan data yang diproses dengan computer. Peralatan process yang dimaksud
yaitu CPU dan memori. Komponen-komponen CPU antara lain :
·
Arithmatic
Logical Unit (ALU)
ALU berfungsi untuk
melaksanakan proses perhitungan aritmatik dan logika
·
Storage
Komponen ini
berfungsi untuk menyimpan program dan data meliputi internal storage dan
external storage. Internal storage merupakan storage yang langsung berhubungan
dengan Central Processing Unit (CPU). External storage adalah storage yang
dapat menyimpan data secara permanen.
·
Control
Unit
Berfungsi untuk
mengatur proses kerja computer.
ü
Fungsi
CPU (Central Processing Unit)
CPU dapat dikatakan
jantung sekaligus dapat dikatakan sebagai otak computer. Selain itu CPU
merupakan pusat kendali dari system computer. CPU memiliki fungsi antara lain :
·
Memberi
address data dan program
·
Memasukan
dan mengambil data
·
Melaksanakan
instruksi-instruksi secara berurutan
·
Dapat
merupakan penghubung antara main storage dan input devices
C. Media Penyimpanan Data (Storage Device)
Tempat untuk
menyimpan sejumlah data hasil dari input disebut dengan media simpan elektronik
atau yang disebut dalam bahasa computer disebut drive. Drive ini berfungsi
untuk memberi alamat pada drive tersebut. Alamat drive terdiri dari satu
karakter yang selalu diikuti tanda “ : “ .
Contoh :
·
Alamat
drive A berfungsi untuk menyimpan data pada disket
·
Alamat
drive C berfungsi untuk menyimpan data pada hard disk
·
Alamat
drive D berfungsi sama dengan hard disk
·
Alamat
drive E berfungsi untuk CD ROM
·
Alamat
drive F berfungsi untuk external hardware seperti flash disk USB
ü
Macam
Media Penyimpanan
·
Internal
Storage (Media Penyimpan Utama)
Media penyimpanan
utama merupakan jenis media penyimpanan yang dapat menyimpanan informasi yang
kemudian dapat dipanggil lagi (diakses). Contohnya adalah ROM dan RAM.
·
External
Storage (Media Penyimpanan Cadangan)
Contoh exsternal
storage adalah CD-ROM yang digunakan untuk menyimpan file-file soure program.
Media ini banyak juga digunakan untuk menyimpan data music dan film. Alat ini
menyimpan dan menulis media simpan data CD-ROM disebut CD-Drive. Kapasitas
simpanannya sebesar 640mb. Alamat drivernya di D dan E. Hard disk merupakan alat
untuk menyimpan file program system dan file data dengan kapasitas simpanannya
mulai dari ratusan mb hingga puluhan gb. Dewasa ini dikenal pula flash disk
sebagai media penyimpanan yang lebih unggul, karena dapat memuat data min 128
mb.
ü
Macam-Macam
Penyimpanan Data
·
Media
Penyimpanan Data Utama (Internal Storage)
Media penyimpanan
utama termasuk kedalam jenis media penyimpanan elektronik dengan cirri-ciri
berikut :
Ø
Secara
keseluruhan operasinya bersifat elektronis, sehingga operasinya sangat cepat
dan handal
Ø
Karena
operasinya yang elektronis, data hamper bias diakses sekaligus dari memori
utama. Dalam waktu kurang lebih seperjuta detik suatu item data dapat dipanggil
kembali.
Ø
Kecepatan
akses yang tinggi sehingga membantu cepatnya pemrosesan.
·
Media
Penyimpanan Data Cadangan (External Storage)
Yang termasuk jenis
media penyimpanan data cadangan sebagai berikut :
Ø
Magnetic
Disk
Ø
Optic
Disk
Ø
Flash
Disk
D. Alat Output (Output Device)
Output merupakan
peralatan keluar hasil dari proses data. Hasil tersebut dapat dibaca pada layar
computer ataupun melalui kertas printer. Tampilan output dapat berupa naskah,
laporan, table, grafi, gambar, ataupun foto.
ü
Monitor
Monitor atau VDU
(Video Display Unit) merupakan peralatan keluaran yang mengeluarkan informasi
pada layar sebagai medianya. Bentuk VDU dapat menyerupai tampilan layar
televise. Monitor merupakan media yang dapat dikatakan sebagai peranti media
keluarkan dan masukan seperti televise dan output. Monitor dapat mengeluarkan
informasi berupa gambar. Hal itu tergantung pada jenis alat atau program yang
dimiliki. Alat ini dapat digunakan juga sebagai alat telerpossing.
Jenis monitor dapat
dikenal antara lain monitor monochrome (warna monitor hanya satu warna bias
hijau, orange, atau putih), monitor CGA (Colour Graphics Adapter) yang memiliki
empat sampai enam belas warna, monitor EGA (Enhanched Graphics Adapter) yang
memiliki enam belas sampai enam puluh empat warna, monitor VGA (Video Graphics
Array) yang memiliki dua ratus lima puluh enam warna atau lebih.
ü
Printer
Printer adalah alat
keluaran yang menghasilkan data berupa hasil cetakan pada kertas sebagai
medianya. Alat ini dapat mencetak hasil pengolahan maupun program pada output,
yaitu pada kertas baik single sheet (kertas tunggal) maupun continuous form
(kertas bersambung). Printer dapat menghasilkan cetakan pada berbagai macam
model maupun kualitas.
Berdasarkan cara
kerjanya media printer dapat dikelompokan menjadi dua, yaitu impact printer dan
non impact printer. Impact printer meripakan jenis printer yang dalam
menghasikan suatu huruf atau gambar memakai ketukan secara fisik. Dalam
katagori ini ada dua jenis yaitu dot matrix (cetakannya berupa titik yang
membentuk karakter) dan daisy wheel (cetakan hurufnya menyerupai mesin ketik).
Non impact printer merupakan jenis printer yang menghasilkan huruf atau gambar
tidak menggunakan ketukan secara fisik, tetapi neggunakan tinta atau toner.
Hasil cetakannya lebih halus dari pada jenis dot matrix atau daisy wheel. Ada
dua jenis non impact printer yaitu ink jet printer (memakai tinta) dan laser
printer (memakai toner).
Printer dot matrix
printer ini terbuat dari potongan baja yang akan mengenai kertas lewat pita
bertinta untuk menciptakan pola bertitik-titik kecil atau persegi yang
bersambung untuk mencetak grafis atau tesk. Hasil cetakannya tergantung pada
jumlah potongan baja yang didalam mesin. Kualitas cetakkan akan lebih baik bila
mesin menghasilkan tigaratus lima puluh titik tiap inchi.
Printer daisy wheel
printer ini memiliki huruf dan angka yang dapat dinaikan dan tersusun pada roda
sehingga menyerupai bunga aster. Roda berputar sampai huruf siap ditekankan
pada pita bertinta.
Printer ink jet
printer ini mencetak gambar atau karakter dengan moncong kecil yang dapat
memancarkan tinta pada kertas.
Printer Laser, printer
laser menggunakan sinar laser untuk mengubah data biner menjadi cetakan.
Ø
Perangkat Lunak
(Software)
Software merupakan
beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin computer dalam menjalankan
pekerjaannya. Software ini merupakan catatan bagi mesin computer untuk
menyimpan perintah, maupun dokumen serta arsip lainnya. Dalam arti yang paling
luas, software computer bisa diartikan sebagai suatu prosedur pengoprasian.
Suatu acara yang ditayangkan oleh televisi, dapat dianggap software dari suatu
peralatan televisi. Demikian pula halnya dengan music yang telah direkam diatas
kaset maupun compact disk (CD), data di atas kertas, serta cerita ataupun
uraian yang ada di dalam sebuah buku. Software adalah komponen dalam data
processing system yang berupa program-program dan teknik-teknik lain untuk
mengontrol system.
·
Fungsi Software
Software memiliki
banyak fungsi bagi mesin komputer dan pengguna computer. Fungsi-fungsi software
antara lain :
ü
Mengidentifikasi
program
ü
Menyiapkan
aplikasi program agar tata kerja seluruh peralatan computer terkontrol
ü
Mengatur
dan membuat pekerjaan lebih efesien
·
Jenis-Jenis Software
Pada umumnya software
yang sering kita pakai dalam keseharian terbagi menjadi dua jenis software,
yaitu software system operasi (operating system) dan software aplikasi
(applications). Operating System merupakan software yang digunakan untuk
mengoprasikan computer, sedangkan Applications merupakan software atau program
yang digunakan untuk mengoprasikan sebuah lingkungan operating system untuk
keperluan-keperluan tertentu, seperti pemrograman, office work, gaming.
Berdasarkan pembagian
secara umum tersebut, secara khusus software sebenarnya terbagi menjadi lima
jenis, yaitu :
ü
Sistem
operasi
ü
Alat
bantu
ü
User
program
ü
Package
programs
·
Sistem Operasi (Operating
System)
Sistem operasi
merupakan bagian software yang sangat penting. Sistem yang merupakan kumpulan
program ini mengatur dan mengontrol seluruh kegiatan processing dalam system computer.
Pada prinsipnya operating system merupakan kumpulan dari program routine dan
prosedur yang dibuat untuk memperkecil peranan pengguna computer dalam system
computer dan untuk memperbesar efisiensi system tersebut. Sistem operasi dapat
pula didefinisikan sebagai perangkat lunak yang bertindak sebagai perantara antara
user dengan hardware.
·
Fungsi Sistem Operasi
(Operating System)
Secara umum fungsi
system operasi antara lain sebagai berikut :
ü
Sebagai
manajement proses yang mencangkup penyimpanan, penjadwalan, dan pemantauan
proses program yang sedang dijalankan.
ü
Sebagai
manajemen sumber daya yang berkaitan dengan pengendalian terhadap perangkat
lunak system/ perangkat lunak aplikasi yang sedang dijalankan.
ü
Sebagai
manajemen data yaitu berupa pengendalian terhadap data masukan dan data
keluaran. Selain itu system operasi juga mempunyai sarana mengolah keamanan.
·
Macam Sistem Operasi
(Operating System)
Operating System
berkembang mengikuti perkembangan teknologi dan kebutuhan manusia. Secara umum
Operating System dibuat untuk jenis computer tertentu antara lain sebagai
berikut :
ü
Microsoft
Windows untuk personal computer (PC)
ü
VMS
untuk DEC
ü
OS/2,
AIX, OS/390, untuk IBM
ü
MacOS
untuk Apple Macintosh
ü
SunOS
untuk Sun Computers
ü
PalmOS
untuk PDA PalmPilot
ü
Microsoft
Windows CE untuk Palmtop UNIX adalah induk Operating System yang mampu
diimplementasikan untuk segala macam jenis mesin computer yang ada hingga saat
ini.
Berikut ini akan
dijelaskan beberapa software Sistem Operasi yang paling umum digunakan dalam
pengoprasian computer.
ü
DOS
(Disk Operating System)
Merupakan Sistem
Operasi yang awalnya dipakai pada IBM PC dan PC yang kompatibel dengan IBM PC.
ü
Windows
Adalah salah satu
system operasi andalan Microsoft yang banyak dipakai sat ini, karena mempunyai
banyak feature yang mampu memanjakan pemakainya, dengan kata lain semakin
tinggi versi dari windows semakin banyak kemudahan yang banyak ditawarkan.
ü
Macintosh/Mac
OS
Adalah salah satu
jenis PC berbasis PowerPC yang diproduksi Apple computer
ü
Novell
Netware
Adalah system operasi
jaringan yang paling banyak digunakan di dunia. Netware pertama kali digunakan
khusus bagi LAN (Local Area Network).
ü
BeOS
Adalah system operasi
untuk PC yang didesain untuk aplikasi multimedia masa depan. BeOS berjalan pada
arsitektur PowerPC dan Intel.
ü
OS/2
Adalah system operasi
untuk PC yang awalnya dikembangkan oleh Microsoft dan IBM, tetapi kemudian
dijual dan dikelola oleh IBM.
ü
Palm
OS
Adalah system operasi
computer yang menjadi platform dari PDA. PDA (Personal Data Assistants) adalah
computer saku yang di desain sebagai personal organizers.
ü
UNIX
Adalah sebuah
operating system yang pada awalnya dikembangkan oleh Bell Labs pada tahun 1969
sebagai sebuah system yang berkonsep “interaktif time-sharing”.
ü
LINUX
Adalah sebuah system
operasi yang menyerupai UNIX merupakan implementasi independen dari POSIX,
meliputi true multitasking, virtual memory, shered libraries, demand-loading,
proper memory management, dan multi user.
·
Alat Bantu (Utility)
Alat bantu merupakan
perangkat lunak system dengan fungsi tertentu, misalnya pemeriksaan perangkat
keras, memeriksa disket yang rusak, seperti Notron Unitily, ataupun mengatur
ulang isi harddisk. Sebagai unsure dari system software yang alat bantu
berfungsi membantu pengoprasian mesin, antara lain :mempersiapkan pemakaian
media disk, membuat duplikat file, membuat atau menghapus proteksi suatu system
software, memperbaiki bagian file yang rusak. Contoh: Notron Unitily, Disk
Optimizer, Kazza Lite, WinZip.
·
Bahasa Pemrograman
Bahasa pemrograman
merupakan software bahasa-bahasa yang dipakai oleh para programmer untuk
menuliskan kumpulan-kumpulan instruksi atau program. Software ini berguna untuk
membantu para programmer tersebut dalam membuat suatu program. Software bahasa
program contohnya adalah sebagai berikut:
ü
Pascal
(mengambil nama Blaise Pascal)
ü
ASSEMBLER,
merupakan suatu bahasa yang lebih dekat dengan mesin.
ü
COBOL
(Coomon Bussiness Oriented Languange), software ini digunakan untuk aplikasi
Komersial.
ü
FORTRAN
(Folmula Translator), digunakan untuk aplikasi ilmiah.
ü
R.P.G.
(Report Program Generator), digunakan untuk aplikasi komersil.
ü
C/C++
ü
Java
·
Routines (User
Program)
Routenes merupakan
software yang dibuat dari program dalam bahasa program untuk menyiapkan system
aplikasi yang siap pakai dalam aplikasi tertentu dan dapat dipakai
berulang-ulang. Sistem aplikasi tersebut dapat berupa system PAYROLL.
·
Application Packages
Merupakan
program-program yang dibuat oleh suatu perusahaan computer untuk para user yang
beroperasi dalam bidang-bidang umum seperti penerbangan, asuransi, komunikasi,
took-toko.Contoh software aplikasi ini antara lain sebagai berikut:
ü
Software
Aplikasi Grafis
Software ini banyak
digunakan oleh para user yang biasanya bergerak di bidang desain terutama untuk
menggambar dan mengolah gambar. Contonya antara lain: Freehand, Photo Editor,
Image Processing.
ü
Software
Pengolah Kata
Software ini paling
banyak digunakan oleh para pengguna computer baik disekolah, dikantor, bahkan
dirumah. Software ini berfungsi untuk mengetik surat, naskah, brosur, dan
dokumen lainnya. Contoh program pengolah kata antara lain: Word Processor
(Microsoft Word, Lotus WordPro, Amipro, WordStar).
ü
Software
Pengolah Angka
Merupakan software
yang paling banyak juga digunakan oleh para user, terutama untuk mengolah data
angka yang memmerlukan berbagai macam perhitungan, pembuatan table, grafik, dan
sebagainya. Contoh software antara lain sebagai berikut: Spreedsheet (Microsoft
Exel, Lotus 123, Lotus Symphony).
ü
Software
Penerbitan (Publisher)
Software ini mampu
nggabungkan tuliasan dengan gambar dengan berbagai desain menarik. Contoh
software publisher antara lain: Microsoft Publisher, Adobe Pagemaker, Ventura
Publisher.
ü
Software
Pengolah Data
Software ini
digunakan untuk mengorganisir dan memproses sekumpulan data. Data-data tersebut
diorganisirkan dalam bentuk struktur data seperti field, record, character, dan
file. Contoh software ini antara lain: dBAse, Microsoft Acces, FoxPro.
ü
Software
Multimedia
Software ini sering
dimanfaatkan oleh para user untuk keperluan presentasi yang banyak memanfaatkan
animasi, suara, maupun video. Melalui software ini kita dapat mendengarkan
music, menonton video, mengedit film. Contoh software ini antara lain: Windows
Media Player, iTunes, Real Player.
ü
Software
Aplikasi Internet
Adalah protocol yang
digunakan untuk berhubungan antara satu orang atau mesin dengan pihak lain yang
berjauhan. Aplikasi internet akan menyangkut dua sisi, yaitu server dan client.
Contoh aplikasi ini antara lain: HTTP, E-mail, Messenger.
Daftar Pustaka:
Supriyanto. 2006. Teknologi Informasi dan Komunikasi 1.
Bogor: Ghalia Indonesia Printing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar