Mesin Duke
Mesin Duke piston aksial sedang dalam pengembangan di
Selandia Baru sejak tahun 1993 ini memiliki bukti dari-konsep prototipe yang
dibangun dan telah dijalankan diuji di University of Auckland pada tahun
1996. Pada tahun 1999, mesin V1-versi dipasang di mobil untuk pengujian.
Pada tahun 2004, prototipe 993 cc dilakukan uji daya tahan pada 6500 rpm
selama 30 jam. Pada tahun 2006, mesin prototipe 3.0L V3 diuji dynotest di
University of Auckland.
Pada tahun 2010, mesin V3 dilakukan uji coba pada JetA1
/ bahan bakar minyak tanah dan bahan bakar berat sebagai pemicunya dan
dinyalakan diatas dynotest di University of Auckland. Pada tahun 2012, mesin
V3i generasi berikutnya berjalan dengan sukses pada bahan bakar kerosin atau
minyak tanah dan gas dan pengembangannya dilakukan bersama
dengan Mahle Powertrain di AS.
Mesin Duke hanya memiliki tiga saluran pembuangan alias
exhaust. Demikian juga dengan sistem pengapian dari businya hanya terdapat 3
unit. Setelah melihat lebih dalam, sistem kerjanya mengadopsi model aksial atau
memutar. Tapi berbeda dengan sistem mesin rotary yang diadopsi di mobil Mazda.
Mesin Duke tetap menggunakan lima unit blok silinder. Kelima blok silinder ini
akan bergiliran mendapatkan pembakaran. Begitu juga dengan giliran penyemprotan
bahan bakar.
Mesin Rotary
Mesin
rotary adalah sebuah mesin hasil inovasi dari seorang ahli mesin jerman yang
bernama Felix Wankel pada tahun 1924 dimana pada saat itu mesin rotary di
kerjakan pada sebuah laboratorium kecil di jerman(mazda). Mesin rotary
merupakan salah satu mesin yang unik karena bentuk dari pada pistonnya adalah
berbentuk segitiga. Mesin rotary pertama kali keluar pada tahun 1957(mazda).
Mesin ini merupakan mesin yang efisien dalam bentuk serta memiliki tenaga dan
torsi yang besar, tetapi meiliki efek samping yaitu boros bahan bakar dan emisi
gas buang yang cukup tinggi. Para insinyur mazda sedang berusaha keras untuk
mengembangkan mesin rotary agar menjadi lebih efisien dan memiliki tenaga yang
lebih besar seperti mesin rotary pada mazda RX-7 yang memiliki tenaga sangat
besar pada kelasnya sekitar 280 Hp dengan cc 1300 untuk tipe mesin 13-B dengan
rotor kembar.
Perbandingan Mesin Duke dengan Mesin Rotary
Mesin
|
Duke
|
Rotary
|
Bentuk Piston
|
Silinder
|
Segitiga
|
Kapasitas Mesin
|
1000cc
|
1300cc
|
Kompresi
|
1 :
14
|
1 :
7
|
Tenaga (Hp)
|
125
Hp
|
232
Hp
|
Bahan Bakar
|
Bensin
|
Bensin
|
Kelebihan dan Kekurangan Mesin Duke
Kelebihan
|
Kekurangan
|
|
1. Ukuran
mesin relative besar.
|
Kelebihan dan Kekurangan Mesin
Rotary
Kelebihan
|
Kekurangan
|
|
|
Referensi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar