Motor bakar merupakan salah satu jenis mesin
penggerak yang banyak dipakai dengan memanfaatkan energi kalor dari proses
pembakaran menjadi energi mekanik. Motor bakar merupakan salah satu jenis mesin
kalor yang proses pembakarannya terjadi dalam motor bakar itu sendiri sehingga
gas pembakaran yang terjadi sekaligus sebagai fluida kerjanya. Mesin yang
bekerja dengan cara seperti tersebut disebut mesin pembakaran dalam. Adapun
mesin kalor yang cara memperoleh energi dengan proses pembakaran di luar
disebut mesin pembakaran luar.
Motor 4 Tak
Four stroke engine adalah sebuah mesin dimana untuk menghasilkan
sebuah tenaga memerlukan empat proses langkah naik-turun piston, dua kali
rotasi kruk as, dan satu putaran noken as. Untuk mendapatkan 1 kali tenaga
hasil dari pembakaran gas, diperlukan 4x gerakan piston naik dan turun dengan 2
kali putaran poros engkol. Penjelasannya yaitu:
- TAK 1 : Gerak isap (piston bergerak
dari TMA menuju TMB)
- TAK 2 : Gerak kompresi/pemampatan
(piston bergerak dari TMB menuju TMA)
- TAK 3 : Gerak tenaga (piston bergerak
dari TMA menuju TMB)
- TAK 4 : Gerak Buang Sisa Pembakaran
(piston bergerak dari TMB menuju TMA) Ditinjau dari jenis bahan bakar
yang dipakai dan konstruksi silinder.
Motor 2 Tak
Mesin dua tak
adalah mesin pembakaran
dalam yang dalam satu siklus pembakaran terjadi dua langkah piston,
berbeda dengan putaran empat-tak
yang mempunyai empat langkah piston dalam satu siklus pembakaran, meskipun
keempat proses (intake, kompresi, tenaga, pembuangan) juga terjadi. Mesin dua
tak juga telah digunakan dalam mesin diesel, terutama rancangan piston
berlawanan, kendaraan kecepatan rendah seperti mesin kapal besar,
dan mesin V8 untuk truk dan kendaraan berat lainnya. Berikut ini di tinjau dari sudut cara
kerja mesin motor 2 tak ,yang bisa anda lihat dibawah ini :
- TAK 1 : proses masuknya gas,
pemampatan dan pembakaran gas (piston bergerak dari TMB menuju TMA
- TAK 2 : proses kerja, kompresi
karter, buang dan cuci/bilas (piston bergerak ke bawah, TMA menuju TMB)
Perbandingan
Motor 4 Tak dengan 2 Tak
Perbedaan
Motor 4 Tak dengan 2 Tak
Motor 4 Tak
|
Motor 2 Tak
|
- Biasanya
untuk motor yang menggunakan mesin 4 tak , untuk.Bahan bakarnya menggunakan
bensin murni/pertamax murni (tidak dicampur seperti motor 2 tak)
- Pada bagian setiap
cylindernya umumnya motor 4 tak ini memiliki 2 buah atau 4 buah katup
- Lanjut pada bagian
Cylindernya ,umumnya motor 3 tak yaitu hanya memiliki 1 macam compressi
yaitu compressi cylinder
- Terakhir pada bagian setiap
piston biasanya motor 4 tak memiliki 3 buah ring diantaranya yaitu :
ring compressi I, ring compressi II, rong oli. Ketiga ring tersebut
sangat berperang penting dalam membantu pelumasan pada piston.
|
- Untuk penggunaan bahan
bakarnya biasanya selalu campuran maksudnya adalah bensin yang di campur
dengan oli, baik secara langsung (langsung di masukan ke dalam tangki
bensin atau pun yang cara terpisah (ada tempat oli samping)
- Motor 2 tak biasanya tidak
memiliki katup,nah sebagai penggantinya maka motor 2 tak ini menggunakan
red valve untuk mengatur masuknya gas ke dalam ruangan cylinder.
- Pada bagian mesin khususnya
pada setiap piston hanya mempumyai 2 buah ring yaitu ring compressi I
dan ring compressi II.
- Lanjut , pada bagian mesin
juga pada setiap cylindernya memiliki 2 macam compressi yaitu compressi
cylinder (primer) dan carter(sekunder)
|
Kelebihan
Motor 4 Tak Dan Motor 2 Tak
Motor 4 Tak
|
Motor 2 Tak
|
- Pada Motor 4 tak khususnya
untuk proses pemasukan, kompresi, kerja, dan buang prosesnya biasanya
selalu berdiri sendiri-sendiri sehingga kinerja mesin motor akan lebih
lebih presisi, efisien dan stabil,baik itu untuk jarak putaran dari
rendah ke tinggi lebih lebar (500- 10000 rpm).
- Kerugian langkah karena
tekanan balik lebih kecil dibanding mesin dua langkah sehingga pemakaian
bahan bakar lebih hemat.
- Putaran rendah lebih baik dan
panas mesin lebih dapat didinginkan oleh sirkulasi oli
- Langkah pemasukan dan buang
lebih panjang sehingga efisiensi pemasukan dan tekanan efektif rata-rata
lebih baik
- Untuk bagian mesin ,umumnya
motor 5 tak ini memiliki suhu panas mesin lebih rendah jika di
bandingkan dengan mesin yang terdapat pada mesin 2 tak
|
- Untuk Proses pembakarannya
yaitu terjadi setiap putaran poros engkol, sehingga putaran poros
engkol lebih halus untuk itu putaran lebih rata.
- Motor 2 tak umumnya tidak
memerlukan/tidak memiliki katup selain itu komponen lebih sedikit,
perawatan lebih mudah dibandingkan dengan 4 tak , serta spartpart kalau
ada yang rusak biayanya lebih relatif murah
- Momen puntir untuk putaran
lanjutan poros lebih kecil sehingga menghasilkan gerakan yang halus
- Motor 2 tak jika dibandingkan
dengan motor 4 tak , biasanya untuk power atau tenaga yang dihasillkan
lebih besar di banding motor 4 tak walaupun dengan kapasitas mesin motor
yang sama.
|
Kekurangan
Motor 4 Tak Dan Motor 2 Tak
Motor 4 Tak
|
Motor 2 Tak
|
- Pada bagian konstruksinya
khususnya pada bagian komponen dan mekanisme gerak katup lebih
kompleks, yang mengakibatkan kesulitan dalam perawatanya.
- Suara mekanis lebih
gaduh/bising.
- Langkah kerja terjadi dengan
2 putaran poros engkol, sehingga keseimbangan putar tidak stabil, perlu
jumlah silinder lebih dari satu dan sebagai peredam getaran.
|
- Langkah masuk dan buang lebih
pendek maksudnya adalah saat kita mengoper gigi 1 ke gigi 2 biasanya
jarak napasnya lebih pendek dari pada motor 4 tak, sehingga terjadi
kerugian langkah tekanan kembali gas buang lebih tinggi
- Karena pada bagian silinder
terdapat lubang-lubang, timbul gesekan antara ring piston dan lubang
akibatnya ring piston akan lebih cepat aus.
- Karena lubang buang terdapat
pada bagian silinder maka akan mudah timbul panas
- Putaran rendah sulit diperoleh
- Kemudian motor 2 tak selalu
menggunakan oli pelumas(oli samping) dan juga besin campuran untuk bahan
bakar yang digunakan.
|
Referensi
Buku Ajar Mesin Konversi Energi
Agen Slot
BalasHapusPanduan Judi Onlie
LK21