Rabu, 15 November 2017

LATIHAN PASCAL 1



LISTING POINT

1.      



Program tambah; memiliki arti bahwa program yang kita kerjakan berupa penjumlahan, dan uses crt; digunakan untuk memanipulasi layer teks. Var digunakan untuk mengubah nilai suatu argument string menjadi nilai numeric.

         2.
   
a, b, dan c merupakan nilai yang akan dimasukkan pada program, dan tipe data yang digunakan adalah integer. Integer merupakan data yang terdiri atas integer positif, integer negative dan nol. Merupakan nilai bilangan bulat. Begin digunakan untuk mengawali sebuah statement. Clrscr digunakkan untuk membersihkan layar. Write(‘nilaia:’); memiliki arti bahwa write menampilkan hasil tanpa ganti baris dan tampilan berikutnya akan disambung dalam baris yang sama, dan nilai a kita disuruh untuk memasukan nilai/angka pada data nilai a. Readln(a); memiliki arti bahwa readln digunakan untuk memasukan data perbaris, artinya setelah ditekan tombol enter, maka akan berganti baris dari kolom a. Write(‘nilaib:’); memiliki arti bahwa write menampilkan hasil tanpa ganti baris dan tampilan berikutnya akan disambung dalam baris yang sama, dan nilai b kita disuruh untuk memasukan nilai/angka pada data nilai b. Readln(b); memiliki arti bahwa readln digunakan untuk memasukan data perbaris, artinya setelah ditekan tombol enter, maka akan berganti baris dari kolom b. c;=a+b: memiliki arti bahwa data c diisi dengan cara menjumlahkan nilai yang terdapat pada data nilai a dan data nilai b.  

         3.

Writeln(‘nilai c adalah: ‘,c): memiliki arti bahwa writeln digunakan untuk menampilkan tampilan perbaris, akan diganti baris untuk tampil berikutnya dan (‘nilai c adalah: ‘,c); memiliki arti bahwa nilai c berasal dari penjumlahan nilai a dengan nilai b. Readln; memiliki arti bahwa readln digunakan untuk memasukan data perbaris, artinya setelah ditekan tombol enter, maka akan berganti baris dari kolom. End digunakan untuk mengakhiri program.

















OUTPUT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar