Selasa, 07 Oktober 2014

Evolusi Komputer Dari Generasi Ke Generasi




Evolusi Komputer

Komputer barasal dari kata to compute yang berarti menghitung. Jika kita mempelajari sejarah perkembangan computer, maka kita tidak bias lepas dari sejarah perkembangan alat hitung. Hal ini karena pada prinsipnya computer itu sama dengan alat hitung. Sejarah perkembangan computer berawal dari dikenalnya suatu alat hitung sederhana yang desebut dengan sempoa. Selanjutnya pada tahun 1917 John Napier menemukan cara menghitung dengan bael bujur sangkar yang terdiri dari 9x9 kolom yang masing-masing berisikan angka 1 sampai 9 yang dikenal dengan tulang-tulang Napier. Ditahun 1621 ditemukan slide rule yang merupakan arah maju pada lalat hitung yang bersifat mekanis.
Blaise Pascal, seorang ahli metematika menemukan kalkulator roda numeric untuk membantu ayahnya penghitungan pajak. Kotak persegi kuningan ini yang dinamakan pascaline. Pascaline menggunakan delapan roda putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga delapan digit. Alat ini merupakan alat penghitung bilangan berbasis sepuluh. Pada tahun 1694, seorang matimatikawan dan filsuf Jerman, Gottfred Wilhem von Leibniz memperbaiki pascaline dengan membuat mesin yang dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian. Alat ini dikenal dengan nama Leibnitz Calculation Machine.
Awal mula computer yang sebenarnya dibentuk oleh seorang professor matematika Inggris, Charles Babbage. Charles Babbage membuat mesin diferensial yang digunakan untuk melakukan perhitungan persamaan diferensial. Dengan menggunakan tenaga uap, mesin itu dapat menyimpan program dan dapat melakukan kalkulasi dan dapat langsung mencetak hasilnya secara otomatis. Setelah bekerja dengan menggunakan mesin diferensial selama sepuluh tahun, Babbage membuat computer general purpose yang pertama, yang disebut  analytical engine. Analytical Engine merupakan alat komputasi pertama yang menggunakan kartu yang dilubangi untuk menyimpan data.
Herman Hollerith pada tahun 1890 dari biro sensus Amerika berhasil menciptakan mesin punched card counting yang menggunakan punch card sebagai media datanya. Penemuan punch card ini merupakan penemuan yang gemilang dalam sejarah computer, sehingga Herman Hollerith dijuluki sebagai bapak computer modern. Pada tahun 1944 Howard Aiken dari Harvard University yang bekerja sama dengan International Business Machine (IBM), berhasil membuat sebuah mesin computer yang mampu melaksanakan serentetan operasi aritmatika secara otomatis. Mesin ini dinamakan Mark 1.

Komputer Generasi Pertama
Komputer generasi pertama dikembangkan pada saat Perang Dunia Kedua. Komputer generasi ini memiliki ciri bahwa operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap computer memiliki program kode biner yang berbeda yang disebut bahasa mesin. Hal ini menyebabkan computer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya. Komputer generasi ini memerlukan banyak sumber daya. Contohnya adalah electronic numerical integrator and Computer (ENIAC) yang membutuhkan daya 160 kW. Ciri lain dari computer generasi pertama adalah penggunaan tube vacuum yang membuat computer pada masa tersebut berukuran sangat besar. Selain itu computer pada masa itu pun memiliki silinder magnetic yang digunakan untuk menyimpan data.Yang termasuk computer generasi pertama adalah, Mark 1, Mark 2, Mark 3, IBM 702, IBM 704, IBM 709, Eniac, Edvac, UNIVAC 1, UNIVAC 2, Datamatic 1000, CRC, NRC 102A, NRC 102D, Bicmac, Bizmac 2.

Komputer Generasi Kedua
Pada computer generasi kedua, tube vakum telah digantikan oleh transistor. Akibatnya, ukuran computer berkurang drastic. Pada computer generasi kedua telah terjadi pula pengembangan memori anti magnetik yang membantu pengembangan computer menjadi lebih kecil, lebi cepat, lebih dapat diandalkan, dan dapat menghemat energy dibanding pendahulunya. Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singkatan untuk menggunakan kode biner. Computer generasi kedua telah memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan computer pada saat ini, seperti: printer, penyimpanan data dalam disket, memori, system operasi, dan program. Pada masa ini juga mulai bermunculan beberapa bahasa program. Bahasa program ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang mudah dipahami manusia. Bahasa pemrograman yang bisa digunakan adalah Common Business-Oriented Language (COBOL), dan Formula Translator (FORTRAN). Seiring dengan itu, berbagai macam karir baru seperti: programmer, analysis, dan ahli system computer bermunculan.Yang termasuk computer generasi kedua adalah LARC, IBM 1401, UNIVAC 3, UNIVAC SS80, UNIVAC SS90, UNIVAC 1107, Burrouhgs 200, IBM 7070, IBM 7080, IBM 1400, IBM 1600, CDC 160A, GE 635, GE 200.

Komputer Generasi Ketiga
Komponen transistor yang digunakan pada generasi kedua digantikan dengan integrated circuit. Hal ini karena transistor menghasilkan panas yang cukup besar yang dapat merusak bagian-bagian internal computer. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silicon kecil yang terbuat pasir kuarsa. Ilmuwan berhasi menemukan lebih banyak komponen kedalam suatu chip tunggal yang disebut semi konduktor. Akibatnya computer menjadi semakin kecil.
Kemajuan computer pada generasi ketiga lainnya adalah penggunaan system operasi (operating system). Sistem operasi ini memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentakdengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasikan memori computer. Selain itu, computer pada generasi ketiga juga memiliki cirri harga yang lebih murah dan penggunaan listrik yang lebih hemat.
Yang termasuk computer generasi ketiga adalah UNIVAC 1109, UNIVAC 9000, Burroughs 5700, Burroughs 6700, Burroughs 7700, GE 235, GE 600, CDC 3000, CDC 6000, CDC 7000, PDP-8 ,PDP-11.

Komputer Generasi Keempat
Pada computer generasi ini, tujuan pengembangan computer adalah mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik. Komputer sudah menggunakan Large Scale Integration (LSI). LSI dapat membuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Kemempuan untuk memasang banyak komponen kedalam chip telah mendorong menurunnya harga computer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisien, dan keterandalan computer. Ciri lain yang dimiliki computer generasi ini adalah dikembangkannya computer mikro yang menggunakan micro processor dan semiconductor yang berbentuk chip untuk memori computer.
Pada masa ini juga IBM mulai memperkenalkan Personal Komputer (PC) untuk penggunaan dirumah, kantor, dan sekolah. Computer pun melanjutkan evolusinyamenuju ukuran yang lebih kecil, dari computer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi computer yang dapat dimasukan kedalam tas (laptop), atau bahkan computer yang dapat digenggam (palmtop). Selain IBM perusahaan Apple-Macintosh mempopulerkan system grafis pada komputernya. Macintosh pun memperkenalkan penggunaan piranti mouse.
Yang termasuk computer generasi keempat adalah IBM 370, Apple 2, IBM PC/XT, IBM PC/AT, IBM PS/2, IBM PC/386, IBM PC/486, Pentium, Pentium 1, Pentium 2, Pentium 3, Pentium 4, AMD K6, Anthlon.

Komputer Generasi Kelima
Komputer generasi ini masih dalam pengembangan. Komponen yang digunakan adalah VLSI (Very Large Scale Integration). Komputer pada generasi ini akan dikembangkan kepada computer yang dapat menterjemahkan bahasa manusia, dan dapat melakukan diagnosa penyakit lebih akurat. Selain itu computer ini juga diramalkan dapat berpikir dan mempunyai perasaan seperti manusia.


Daftar Pustaka:
Supriyanto. 2006. Teknologi Informasi dan Komunikasi 1. Bogor: Ghalia Indonesia Printing






Tidak ada komentar:

Posting Komentar